Kamis, 20 September 2012

CERPEN 2 (Abangku, Rivalku)

cerita ini terinspirasi dari temen SMA ku yang bernama Indah. Dia orangnya rame banget dan sering banget cerita tentang "perangnya" sama abangnya yang kalo gak salah namanya kakas (maaf ka, namanya di pake di cerpen ini, :) ). Sebenarnya hingga sekarang, dia gak tau kalo cerita dia sama abangnya jadi inspirasi buatku menulis cerpen ini, tapi semoga dia gak marah, ;) 



ABANGKU, RIVALKU

 

“Fay, lo punya temen gak?” Kakas lagi ngebujuk adenya yang lagi ngetik makalah di komputernya

“Ya punya, lah. Udah dua taun di SMA, masa gak punya temen, sih?” Fayya jadi sewot juga dikira kuper

“Minta nomor temen-temen cewek lo, donk!” Kakas beranjak dari tempat tidurnya mendekati Fayya.
“Mau ngapain?” Fayya menimpali dengan cuek
“Gini, Fay. Gue kan punya bonus pulsa, trus gue bingung mau ngirim sms ke siapa lagi. Jadi, gue pengen sms-an sama temen-temen lo” Terang Kakas
Kali ini, Fayya gak mengomentarinya, ia lebih fokus ke kerjaannya, yang sejak tadi belum kelar-kelar karena digangguin sama abangnya terus. Iklas gak sih minjemin komputernya? Dari tadi diganggu mulu
“Fay, kok lo diem aja sih?” Kakas jadi sebel juga dicuekkin
“Ya udah, cari aja di Hp gue” Akhirnya Fayya nyerah juga.
Kakas tampak bahagia sekali. Ia buru-buru ngambil Hp Fayya, dan langsung beraksi mencari nama-nama teman adenya.
“Reva” Kakas menyebutkan satu nama di Hp Fayya
“Eh, Reva jangan! Dia tuh anak baek-baek. Gue gak mau lo maenin dia. Sini!” Fayya ngambil Hpnya, lalu mencari nama-nama di Hpnya. “Nih, yang boleh lo hubungi. Emil, Kania dan Vika. Mereka pasti seneng kalo kenalan ma cowok”
“Mhm…Emil, kayaknya lucu. Orangnya kayak gimana?” Kakas jadi penasaran
“Dia tuh cerewet, centil, tapi baik kok”
“Cerewet?” Kakas tampak berpikir. “Gak pa-pa deh, buat iseng ini” Akhinya Kakas memilih Emil untuk di sms-nya.
Malamnya, Kakas segera ber-sms ria dengan. Emil yang emang seneng kenalan sama siapa aja, terutama cowok membalasnya dengan senang hati. Apalagi Kakas juga ngaku kalo dia kakaknya Fayya.
Setelah capek sms-an, Kakas akhirnya nelpon Emil. Maklum udah jam 10, jadi bonusnya berakumulasi.
“Mil, si Fayya tuh galak banget lho kalo di rumah. Di sekolah gimana?” Tanya Kakas gak penting.
“Yaa…gitu deh!” Jawab Emil agak males. Kok nyambung ke Fayya sih? Bukannya tadi lagi ngomongin kucing piaraannya?
“Si Fayya tuh emang gak beda jauh sama kucing piaraan gue, sama-sama suka gigit!”
“Oohh!” Sekarang Emil ngerti kenapa Kakas jadi ngomongin Fayya.
Kakas ngelanjutin obrolannya tentang kucing piaraannya sambil berjalan ke kamar Fayya. Sumpek nih di kamar, kalo di Kamar Fayya pasti seger. Soalnya jendela kamar Fayya deket sama pohon-pohon. So, anginnya bakal masuk ke ventilasi jendela.
Kakas langsung duduk di tempat tidur adenya yang emang deket ma jendela. “Mil, lo tau gak kalo si Fayya suka ngorok?” Kakas nanya gak penting lagi sama Emil, setelah merhatiin ade semata wayangnya yang lagi tengkurep. Padahal, Fayya gak bersuara sedikitpun.
“Masa?” Emil jadi agak semangat juga ngomongin Fayya, biar di sekolah dia bisa ngejekin si tomboy satu itu.
“Iya, dia juga suka ngiler lho! Hehehe….” Ejek Kakas tambah parah, sambil tertawa geli ngeliat adenya.
Fayya yang lagi tidur pules keganggu juga sama tawanya Kakas. Ia mulai sedikit membuka matanya, tanpa beranjak dari posisinya. Lagi ngapain sih si Kakas nelpon di kamar gue? Tanya Fayya dalam hatinya.
“Masa sih? Fayya kan cewek, kok suka ngorok sama ngiler?” Emil percaya gak percaya ngedenger ejekannya Kakas. Kakas kok tega ngejelekin adenya sendiri?
“Mil, Fayya sih fisiknya aja cewek. Tapi jiwanya lelaki abis. Hahaha…..” Kakas ketawa semakin kenceng, dan di seberang sanapun Emil ikut tertawa gak kalah kencengnya.
Fayya yang udah gak tahan denger ejekan Kakas, langsung berbalik badan dan…..”HEEEH!! JANGAN SEMBARANGAN YA KALO NGOMONG!!” Fayya
 ngeluarin suara toa-nya yang ngebuat Kakas juga Emil di seberang sana spontan menghentikan tawa mereka.
“Bikin kaget aja, lo! Jantungan nih, gue!” Ucap Kakas sambil ngelus-ngelus dadanya.
“Lo tuh ngapain sih di kamar gue? Pake ngejek-ngejekin gue lagi. GAK ADA KERJAAN BANGET SIH, LOOO!!” Cerocos Fayya masih dengan suara toa-nya.
“Kirain lo udah tidur. Biasanya kan kalo lo tidur tuh kayak kebo, gak akan keganggu sama apapun” Kata Kakas yang masih ngedeketin hp-nya di telinga kanannya. Dan tentu saja, Emil yang masih ngedengerin langsung ketawa lepas, sampe Fayya aja ngedenger suaranya.
Fayya langsung ngambil, tepatnya ngejambret hp Kakas. “Mil, lo jangan percaya sama omongannya si Kakas. Dia tuh emang kakak yang gak berperikekakaan” Fayya pun langsung mematikan hp Kakas dan melemparnya ke muka Kakas. Untung aja, Kakas dengan sigap menangkapnya. Kalo nggak, bisa jadi rongsokan tuh hp.
“Lo tuh tega banget sih sama gue, Kas. Jadi lo minta nomor hp Emil cuman buat ngejelekin gue doang?” Fayya jadi nyesel deh, ngasih tau nomor hp Emil sama abangnya yang rese ini.
“Sory, Fay. Guekan cuman nyamain lo sama si Piko!” Ungkap Kakas dengan muka menyesal yang dibuat-buat.
“HAAAH! JADI LO NYAMAIN GUE SAMA KUCING JANTAN LO ITU? Rese banget sih, lo!”
Kakas yang tau kalo kali ini Fayya bener-bener marah, langsung kabur sebelum di bombardir sama adenya.
“Sini lo, jangan kabur!” Fayya pun dengan cepat ngejar kakaknya.
Aksi kejar-kejaranpun berlangsung ke ruang TV dan ngebuat gaduh suasana rumah. Mama yang lagi tidur tenangpun jadi keganggu.
@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@
“Kriiiiiiiiiing…” Jam weker di kamar Fayya udah ½ jam berkoar, tapi Fayya gak bergeming sedikitpun dari tidurnya.
Kakas yang udah siap kuliah langsung keluar kamar menuju kamar Fayya. “Si Fayya emang kebo, nih! Jam udah bunyi dari tadi, masih juga belum bangun. Buat apa masang alarm donk?” Omel Kakas yang udah bosen ngedenger wekernya Fayya yang teriak minta tolong karena yang punya weker gak bangun-bangun.
Kakas terdiam sejenak di pintu kamar, mencari ide buat ngebangunin Fayya yang tengah tengkurep.
Beberapa detik kemudian, Kakas mendekati tempat tidur Fayya setelah dapet ide cemerlang, ide jail tentunya. Kakas segera pasang kuda-kuda (Kakas mau ngebangunin Fayya ato mau pencak silat, ya???), lalu balik badan berlawanan dengan tempat tidur di mana adenya tengkurep. Trus……ia menjatuhkan badannya tepat di atas pungggung Fayya dengan tenangnya.
Fayya yang lagi asyik-asyik mimpi jadi keganggu. Emang ada gempa bumi, ya. Kok ada lemari nindihin gue? Pikir Fayya setengah sadar.
Kakas tertawa senang dan ngebuat Fayya sadar kalo yang nindihin punggungnya adalah si Kakas.
“HEEEH!!! KAKAS NGAPAIN SIH NINDIHIN GUE?” Teriak Fayya yang ngebuat Kakas segera loncat dan tutup kuping. Kalo deket-deket Fayya terus, bisa budek nih kuping.
“Gue kan cuman pengen ngebangunin lo” Kata Kakas yang masih menutup kupingnya.
“Lo tuh bukan ngebangunin gue, tapi nyiksa gue. Mana badan lo segede gajah lagi. Sakit tau! BISA GAK SIH BANGUNIN GUE BAIK-BAIK???” Lanjut Fayya masih dengan teriakannya yang super dahsyat. Untung aja Kakas masih menutup kupingnya.
“Kalo bangunin baek-baek, bisa jam 7 lo baru bangun. Gak tau apa weker lo udah kecapean teriak-teriak ½ jam?” Jawab Kakas sambil menurunkan kedua tangannya.
Fayya manyun. Ia sadar kalo ia emang gak ngedenger wekernya bunyi dari tadi.
“Makanya gue bangunin lo dengan cara yang special, lebih cepet lagi. Kan lumayan ngirit baterei weker lo” Kakas ngelirik weker Fayya yang udah dimatiin. Fayyapun ikut-ikutan ngelirik.
“HAAH!! Udah ½ 6? Mati gue, telat nih!” Fayya baru sadar kalo ia telat dan segera ke kamar mandi. Padahal, ia masih pengen ngeluarin “ajian-ajiannya” buat Kakas.
“Pagi, ma!” Fayya yang udah selesai dengan rutinitas paginya menyapa mamanya yang lagi duduk sarapan. Ia langsung ambil susu dan meminumnya sambil berdiri, yang langsung dapet pelototon dari mamanya.
“Maaf ma, lagi darurat” Terang Fayya “Ma, aku gak sarapan, ya! Udah telat nih, mau piket” Fayyapun langsung nyium tangan mama diiringi Kakas yang udah selesai sarapan.
“Fay, bensin gue abis, nih!” Kata Kakas yang lagi manasin motornya
“Trus?” Tanya Fayya sambil kasak-kusuk dengan tasnya
“Yaa…harus beli bensin!” Lanjut Kakas
“Trus…trus…” Fayya masih berkutat dengan tasnya
“Ntar ke Pom Bensin dulu, ya!” Terang kakas kembali
“Iya, gak pa-pa. Biarin deh gak piket juga, asal jangan telat masuk aja” Kata Fayya lalu melirik ke tangan abangnya yang tengah menengadah dengan tersenyum.
“Apaan?” Tanya Fayya gak ngerti
“Maksud gue, mana uang bensinnya?”
“Kok minta sama gue? Lo kan udah dapet jatah dari mama?” Tolak Fayya
“Kalo gak ngasih, ya udah. Gue gak mau nganterin lo!” Ancam Kakas
“Lo kan mau ke kampus, jadi sekalian nganterin gue donk!” Pinta Fayya
“Kalo jalan ke sekolah lo, bensinnya gak cukup. Mending gue cari jalan pintas yang lebih deket aja!”
“Lo tuh rese banget sih. Masa gue harus naek angkot?” Fayya ngebayangin kalo naek angkot, ngetemnya gak bisa diampuni. Bisa tua di jalan, nih.
“Makanya, mana uang bensinnya?” Bujuk Kakas sambil menengadahkan kembali telapak tangannya.
“Nih! Rese lo!” Fayya dengan terpaksa memberikan uang dua puluh ribu pada Kakas. Kakaknya itu emang super rese.
@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@
“Bruk!!!” Fayya menjatuhkan tubuhnya ke kasur. Cape banget karena baru aja lari-larian. Soalnya, ia berusaha ngehindar dari makhluk-makhluk jail yang mau ngerjain dia. Pasalnya, hari ini Fayya ultah yang ke-17. Jadi, kalo gak ngehindar bisa-bisa Fayya udah jadi kue tart karena ditaburi terigu plus telur di kepalanya. Untung aja, Fayya dengan sigap segera pulang pas bel berbunyi. Tapi diikuti aksi kejar-kejaran dengan teman-temannya yang gak mau nyerah.
“Tok…tok…tok…” Fayya kaget ngedenger pintu kamarnya di ketok. Siapa ya? Mama kan lagi ngajar? Kakas? Gak mungkin. Dia sih maen slonong boy aja kalo masuk kamar.
“Faayy” Suara Kakas memanggil di balik pintu
Itu emang Kakas, pikir Fayya “Masuk!” Kakas segera masuk setelah dipersilahkan
“Tumben lo ketuk pintu segala?” Tanya Fayya yang gak dijawab sama Kakas. Ia malah tersenyum dengan manis. Wah, Fayya jadi curiga nih, jangan-jangan si Kakas mau ngerjain dia? Pantes aja dari tadi gak ngucapin met ultah.
“Jangan ngedeket lo, pasti mau ngerjain gue!” Larang Fayya yang segera pasang ancang-ancang buat kabur.
“Tenang donk, Fay. Lo kok curigaan banget sih sama gue?” Kata Kakas berusaha menenangkan adenya.
“Habis, lo kan rese banget sama gue”
“Iya deh, gue ngaku emang suka rese sama lo. Tapi, hari ini damai, deh. Gencatan senjata dulu. Ok!” Terang Kakas
“Hah??” Fayya bener-bener bingung sama Kakas hari ini. Tapi, ia harus tetep hati-hati.
“Nih, buat lo!” Kakas memberikan kado berbungkus gambar kucing pada Fayya
“Apaan nih?” Tanya Fayya curiga
“Buka aja!” Suruh Kakas
Fayya pun membuka kado itu dengan hati-hati. Jangan-jangan bom lagi!
“Hah! Ini beneran buat gue?” Tanya Fayya masih gak percaya dengan kebaikan Kakas hari ini. Kakaknya itu memberikan sebuah MP4 warna putih yang udah diimpi-impikan Fayya sejak dulu.
“Happy seventeen, ya!” Kakas ngucapin met ultah ke Fayya sambil memeluk adenya dengan hangat.
“Lo dapet duit dari mana?” Aduh, Fayya masih gak percaya sama kakaknya ini
“Yaa… gue kumpulin dari duit jajan, lah” Jawab Kakas yang ngebuat mata Fayya berkaca-kaca.
Kakas emang nyebelin, tapi dia tetep abang gue yang paliiing perhatian, pikir Fayya
“Kas, makasih ya!” Fayya segera memeluk kakaknya dengan haru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar